Half-Life: Alyx adalah pengalaman VR luar biasa yang menangkap dan meningkatkan apa yang membuat seri ini spesial.

Ekspektasi Berkepanjangan

Tentu saja, ekspektasi monumental menyertai game Half-Life pertama dalam 13 tahun. Dan kembalinya franchise ikonik dalam bentuk eksklusif VR tidak diragukan lagi sangat berani. Tapi di setiap langkahnya, Half-Life: Alyx membuktikan bahwa hampir semua yang dilakukan franchise ini dengan baik ditingkatkan oleh VR. Teka-teki lingkungan yang membutuhkan mata yang tajam, ancaman headcrab melompat ke wajah Anda, cerita samar. Pokok serial ini sama hebatnya dengan yang pernah ada di sini. Dan di saat-saat terkuatnya, Half-Life: Alyx dengan percaya diri menunjukkan kepada Anda mengapa itu tidak dapat dilakukan dengan cara lain.

Hari apa dalam kehidupan Alyx Vance? Dalam bentuk Half-Life yang sebenarnya, seluruh permainan berlangsung dari pagi hingga malam dalam satu tembakan aksi orang pertama di mana Anda.  Sebagai Alyx, melakukan perjalanan melalui zona bawah tanah dan ditinggalkan di City 17. Pada awalnya, ini untuk menyelamatkan ayah Anda Eli Vance dari cengkeraman The Combine. Namun, Anda kemudian diarahkan untuk mengungkap sifat dari struktur terapung besar yang melayang di atas Kota 17. Yang disebut sebagai Vault. Dengan sahabat karib Russell di telinga Anda, dan Vortigaunt kenabian tepercaya yang datang berpegangan tangan, Alyx lebih dari siap. Premis dasar yang pasti, tetapi perjalanannya mendebarkan, dan hasilnya sangat besar.

Pendalaman Disaat Bermain

Ada keintiman baru yang ditangkap dalam melakukan hal-hal yang selalu diminta oleh Half-Life dari Anda. Karena ini adalah game VR, cara Anda melihat dan memproses lingkungan Anda berubah secara fundamental. Sehingga membuat solusi untuk teka-teki lingkungan lebih merupakan pencapaian pribadi daripada sebelumnya. Cukup menemukan objek yang tepat untuk maju tidak masalah dengan keyboard dan mouse. Tetapi ketika itu tangan Anda sendiri memutar katup, memindahkan sampah untuk menemukan item penting, menarik tuas. Atau menekan tombol sambil menoleh untuk melihat hasil tindakan Anda. Ini menjadi mekanik gameplay yang memikat daripada sarana untuk memecah kecepatan. Tanpa titik arah atau penanda tujuan untuk memandu Anda, isyarat visual yang halus. Dan desain tingkat yang dihitung membawa Anda ke solusi, dan kemajuan terasa diperoleh karena itu.

Anda mungkin tidak memiliki Gravity Gun di sini, tetapi semangat interaksi berbasis fisika ini hidup melalui Gravity Gloves. Baik sebagai perlengkapan tematik yang masuk akal dan alat untuk gameplay VR yang tepat. Mereka memungkinkan Anda menarik objek-objek penting secara magnetis dari jauh dan menangkapnya di udara selalu memuaskan. Terutama saat mengambil granat dari tentara Gabungan untuk melemparkannya kembali ke wajah mereka.

Pengingkatan dalam Berbagai Aspek

Tidak hanya Half-Life: Alyx berhasil dalam peralihannya ke VR, ia telah meningkatkan banyak aspek yang kami sukai dari game Half-Life.

Yang sama pentingnya adalah multitool Alyx, yang berfungsi sebagai cara untuk terlibat dalam teka-teki spasial permainan yang sederhana namun menyenangkan. Menghidupkan kembali sirkuit untuk membuka jalur ke depan adalah fungsi multitool yang paling penting. Jadi Anda memerlukan mata yang tajam untuk melacak di mana kabel dan sirkuit mengarah. Dan menggunakan kemampuan multitool untuk mengekspos aliran arus. Mencoba menemukan solusi terkadang bisa membuat frustasi, tetapi begitu Anda memahami aturannya. Bagaimana aturan tersebut tumbuh lebih kompleks dan menggabungkan lingkungan saat permainan berlangsung. Hal itu kemudian memberi jalan pada rasa pencapaian.

Half-Life: Alyx berputar di sekitar keseimbangan elemen puzzle yang disebutkan di atas dan skenario pertempurannya yang menegangkan. Ini mungkin tidak memiliki banyak baku tembak bombastis, pengejaran helikopter. Atau musuh yang tampaknya tidak dapat diatasi dari masa lalu seri – sebagian besar telah ditukar dengan pertemuan dekat. Kadang-kadang memanfaatkan elemen horor yang sebelumnya hanya dimainkan oleh Half-Life.

Musuh yang Beragam

Kepiting bukanlah hama yang mengganggu seperti sebelumnya; kadang-kadang, mereka menakutkan karena mereka benar-benar akan menempel di kepala Anda atau menyebabkan lompatan ketakutan sesekali. Hal yang sama berlaku untuk Barnacles; percayalah ketika saya mengatakan bahwa Anda tidak ingin tubuh virtual Anda sendiri terseret ke langit-langit oleh lidah berlendir yang menjijikkan. Skenario lain bermain dalam menavigasi kegelapan gelap gulita dengan senter yang dipasang di pergelangan tangan Anda saat makhluk Xen mengintai. Ada juga satu bab yang didedikasikan untuk “Jeff,” seorang mutan tak terkalahkan dengan pendengaran tajam yang tidak bisa melihat. Dan dia harus ditangani melalui manipulasi lingkungan yang cerdik. Ketakutan asli yang mungkin tidak Anda harapkan dari Half-Life masih ada.

Pasukan gabungan mungkin masih menjadi knobhead. Tetapi ketika mereka mengejar Anda di VR dan keterampilan headshot Anda tidak ada untuk menyelamatkan Anda. Ancaman mereka akan segera terjadi dan terkadang menegangkan. Anda akan mendengar obrolan radio dari Combine yang sudah dikenal. Dan merasa lega saat mendengar cincin datar yang bisa dikenali dari prajurit Combine yang jatuh. Ini juga nostalgia. Dan anehnya menghibur untuk mendengar ketukan techno jadul yang khas selama sebagian besar baku tembak yang panas ini. Dan kemudian sembuh dengan pengisi daya kesehatan yang menggunakan efek suara yang sama sejak Half-Life 1. Tidak banyak jenis Combine tentara atau gaya pertemuan. Tetapi saya selalu ingin menghadapi mereka secara langsung di setiap skenario.

Pengemasan yang Apik

Alyx sendiri mengemas cahaya dalam hal senjata, hanya dengan pistol, shotgun, dan SMG. Namun, ketiganya memiliki beberapa upgrade agar lebih efektif, yang harus dilakukan di stasiun Combine Fabricator pada titik-titik tertentu dalam game. Satu-satunya barang yang dapat dikoleksi adalah Resin, dan bidak-bidak tersebar di setiap level. Dengan amunisi yang sering langka dan Resin terselip di sudut, pemulungan adalah elemen inti. Yang selanjutnya menekankan sifat Alyx yang suka berkelahi. Dan sejujurnya, persenjataan ramping ini sesuai dengan jenis urutan pertempuran di sepanjang game.

Sama memuaskannya dengan membawa shotgun punchy Anda ke Combine heavy seperti menyalakan barel merah meledak yang ditempatkan dengan nyaman. Atau memotong titik lemah Antlions dengan tembakan pistol yang ditempatkan dengan baik ketika empat. Atau lima di antaranya mendekat dengan cepat. Banyak hal yang harus disulap dalam VR dan mencapai keseimbangan antara cukup sederhana untuk ditangani. Dan cukup kompleks untuk memanfaatkan aspek unik VR. Anda secara fisik akan menyelinap masuk dan keluar dari penutup dan mengintip di sekitar sudut siap untuk menembak. Dan dengan panik merangkai gerakan mengisi ulang yang menyenangkan saat musuh menyerang Anda. Ini adalah kualitas dari setiap penembak VR yang baik. Meskipun di sini, di jelas bentuk Half-Life.

Gameplay

Saat melihat gameplay secara keseluruhan, Half-Life: Alyx mengambil banyak konsep yang telah kami lihat berkembang sejak dimulainya VR. Dan menyaringnya ke dasar-dasarnya. Itu mengeksekusi sebagian besar dari mereka ke T. Sehingga menciptakan pengalaman VR yang utuh, utuh kohesif. Sejumlah opsi aksesibilitas juga tersedia; gaya gerakan dan belokan yang berbeda dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan. Dan ada mode pengontrol tunggal yang memungkinkan Anda melakukan semua tindakan yang diperlukan game di satu tangan. Anda juga dapat memiliki tindakan berjongkok. Dan berdiri yang dipetakan ke tombol untuk penyesuaian ketinggian, membuat pengalaman VR duduk lebih baik.

Konon, interaksi lingkungan tidaklah sempurna. Pintu dan mekanisme yang perlu Anda pegang tidak selalu bereaksi terhadap gerakan Anda seperti yang Anda harapkan. Dan terkadang ada terlalu banyak objek tidak penting berserakan. Yang mengaburkan benda yang sebenarnya Anda coba tarik dengan Sarung Tangan Gravity. Untungnya, contoh-contoh ini cukup langka sehingga tidak menyeret mekanik yang intuitif.

Untuk dieksekusi dengan baik seperti berbagai elemennya, paruh depan permainan memang menjadi sedikit rutin. Anda mungkin mulai melihat melalui beberapa aspek basi dari tantangan pertempuran, urutan skrip. Dan ketergantungan pada koridor sempit untuk peregangan. Pada satu titik, saya bertanya-tanya kemana perginya permainan. Atau mengapa saya berusaha keras untuk mencapai lemari besi mengambang misterius ini. Tapi ada titik balik, dan rutinitas yang dipraktikkan terbayar saat Anda mulai merasakan atmosfer permainan yang semakin berbahaya.

Konsep VR

Konsep VR menjadi perangkat naratif inti – tangan Anda, dan selanjutnya, tindakan Alyx, sangat penting untuk penyampaian momen terbaiknya.

Anda akan dikejutkan oleh pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan melintasi City 17. Sensasi baku tembak yang meningkat dalam intensitas saat melakukan mekanisme khusus VR. Dan ketegangan yang tak tertahankan di beberapa level. Namun semua itu pucat dibandingkan dengan jam terakhir. Ketika Half-Life: Alyx mengukuhkan dirinya sebagai yang paling berani yang pernah ada dalam seri ini.

Konsep VR menjadi perangkat naratif inti – tangan Anda, dan selanjutnya, tindakan Alyx, sangat penting untuk penyampaian momen terbaiknya. Pada akhirnya, Anda akan benar-benar memahami mengapa VR adalah satu-satunya cara agar game ini bisa ada. Sesuatu yang surealis, pewahyuan, dan sangat memberdayakan. Half-Life: Alyx memiliki implikasi yang luas untuk masa depan waralaba, baik di mana ia pergi selanjutnya. Dan apa bentuk permainan masa depan bahkan dapat mengambil. Dan dengan gaya Half-Life yang sebenarnya, lebih banyak pertanyaan daripada jawaban yang tertinggal. Tetapi untuk alasan yang bagus dan bukan tanpa pengingat mengapa Anda menyukai serial ini untuk memulai.

Ya, game ini merupakan bagian pendamping dari game Half-Life arus utama. Yang terjadi lima tahun sebelum Half-Life 2, tetapi itu tidak terlalu penting dalam skema besar. Kekecewaan yang mungkin Anda rasakan selama 13 tahun jeda akan terasa seperti air di bawah jembatan. Dan di satu sisi, telah memainkan betapa kuatnya Half-Life: Alyx ternyata. Nama, wajah, objek ikonik yang identik dengan Half-Life memiliki tempat khusus. Dan jika Anda tidak menyadarinya sebelumnya, Anda akan melihat betapa pentingnya Alyx Vance. Kepribadian paling sempurna dari serial ini – selama ini.

Keberhasilan Half-Life

Tidak hanya Half-Life: Alyx berhasil dalam peralihannya ke VR, ia telah meningkatkan banyak aspek yang kami sukai dari game Half-Life. Ini mungkin tidak bombastis seperti game sebelumnya. Tetapi keintiman VR membawa Anda lebih dekat ke dunia yang mungkin Anda pikir sudah Anda kenal selama 22 tahun terakhir. Bahkan ketika keakraban mulai menetap, sistem permainannya masih bersinar sebagai keseluruhan yang kohesif. Dan sebagai penutupnya, Half-Life: Alyx menghantam Anda dengan sesuatu yang tak terlupakan. Melampaui kiasan VR untuk salah satu momen terbesar game.