Setelah peluncuran kasar pada tahun 2016 dan pembaruan selama bertahun-tahun. Dead by Daylight telah berkembang menjadi salah satu game horor terbaik yang dapat Anda mainkan hari ini. Ketika semuanya bekerja, tidak ada permainan seperti itu. Di mana lagi Anda bisa bermain sebagai film ikonik?

Dead by Daylight

Karakter TV seperti Ash Williams atau Nancy Wheeler saat Anda melarikan diri dari penjahat seperti Ghost Face, Freddy Krueger. Atau Michael Myers? Premis ini mungkin tampak konyol. Tetapi Dead by Daylight mengubahnya menjadi salah satu pengalaman multipemain yang paling mendebarkan. Mengadu satu Pembunuh yang menakutkan melawan empat Penyintas malang saat mereka berebut untuk melarikan diri dari peta hidup-hidup.

Sebagai Pembunuh, tugas Anda adalah mengorbankan keempat Korban kepada Entitas. Dewa jahat yang bertanggung jawab atas kompetisi paksa tanpa henti yang merupakan setiap “percobaan” dalam game. Dan sementara Anda kalah jumlah, kemungkinannya sangat miring untuk Anda. Anda bergerak lebih cepat, Anda memiliki akses ke informasi yang lebih cepat. Dan yang terpenting, Anda satu-satunya yang mampu menangani kerusakan apa pun. Para Korban tidak dapat melakukan apa pun untuk menyakiti Anda, paling banter. Mereka dapat memperlambat ketika Anda dilengkapi dengan beragam kemampuan menyerang.

Berbagai Pemburu Siap untuk Membunuh

Dengan dua puluh Pembunuh berbeda untuk dipilih (sejauh ini). Tidak ada kekurangan gaya bermain yang menghibur dan beragam. Hillbilly menyerbu ke sekeliling peta dengan gergaji mesinnya. Getaran alat pengangkat anggota tubuh bertindak sebagai peringatan menakutkan tentang apa yang akan terjadi. Trapper diam-diam meninggalkan jebakan beruang di tanah. Menangkap Penyintas yang tidak memperhatikan ke mana mereka pergi dengan gigi besi yang melumpuhkan. Kepala Piramida Silent Hill meninggalkan jejak kawat berduri yang mengerikan ke mana pun dia menyeret pedang raksasanya. Dan dia dapat mengirim siapa saja yang melangkah ke dalamnya ke area pengorbanan khusus miliknya.

Pembunuh menemukan diri mereka memegang sebagian besar kartu ketika datang untuk bermain. Dan itulah cara permainan menyukainya. Menjadi ancaman besar adalah suguhan yang nyata. Dan begitulah cara Dead by Daylight menciptakan suasana tegang yang dibutuhkan untuk berhasil. Yang selamat tahu mereka kalah (secara harfiah, jika Deathslinger dalam uji coba) tetapi mereka melakukan yang terbaik untuk hidup.

Cara Menyelesaikan Permainan

Untuk bertahan hidup di Dead by Daylight, empat pemain tanpa niat membunuh harus lolos dari persidangan. Gerbang keluar dikunci dan tidak diberi daya, dan untuk membukanya. Anda dan tim Anda perlu memperbaiki lima generator yang berserakan di sekitar peta yang dibuat secara acak. Satu-satunya hal yang mempersulit ini adalah Pembunuh. Yang benar-benar tidak ingin Anda pergi.

Memperbaiki generator lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tentu saja, ada risiko yang terkait dengannya. Dan ada ketegangan yang diciptakan karena harus lulus pemeriksaan keterampilan. Dengan peristiwa berbasis waktu di mana dial berputar di sekitar lingkaran. Dan Anda perlu menekan tombol saat mencapai tempat yang tepat. (Pikirkan Active Reloads from Gears Perang, kecuali area target bergerak setiap saat). Jika Anda gagal, ledakan keras akan langsung mengingatkan si pembunuh ke lokasi Anda. Berhasil menyalakan generator juga akan memperingatkan Pembunuh. Seperti akan menjatuhkan palet (yang memperlambat Pembunuh saat mereka bergerak ke arah Anda), memanjat melalui jendela terlalu cepat. Dan membantu Korban lain yang sakit. Ada banyak cara Pembunuh akan tahu di mana Anda berada.

Perspektif Orang Ketiga

Sisi baiknya, Anda akan tahu di mana Pembunuh itu juga. Para penyintas bermain sebagai orang ketiga, sebagai lawan dari perspektif orang pertama dari Pembunuh. Memberi mereka banyak informasi visual tambahan. Dan ketika Pembunuh mendekat, Radius Teror mereka muncul dan detak jantung yang berdebar-debar. Memperingatkan Korban tentang kedatangan mereka yang akan datang, dengan efek yang luar biasa. Ini digabungkan dengan soundtrack metal dinamis gim untuk mempercepat detak jantung Anda sendiri. Kesadaran Anda tentang malapetaka yang akan segera tumbuh seiring dengan volume detak jantung.

Jika Pembunuh menangkap Anda, kemungkinan besar mereka akan mencampakkan Anda pada pengorbanan. Dan membiarkan Anda menggantung saat Anda kehabisan darah. Rekan satu tim Anda akan dipaksa untuk menderita karena mempertaruhkan kemarahan Pembunuh. Untuk menyelamatkan Anda atau meninggalkan Anda di sana untuk mati saat mereka mengerjakan generator. Dan saat Anda menggantung, tak berdaya. Anda akan memiliki pandangan luas tentang seberapa buruk hal-hal yang terjadi.

Sangat tidak mungkin Anda akan melarikan diri sebagai seorang Survivor. Dan itulah bagian dari apa yang membuat Dead by Daylight begitu menarik. Cara itu memenuhi Anda dengan ketakutan. Sambil tetap membuat Anda tidak dapat berpaling adalah jenis dinamika yang hanya dipaku oleh ahli horor. Terlalu sering genre ini bersandar pada trik lain untuk bertahan dengan darah kental yang berlebihan, lompatan ketakutan. Titilasi, tetapi semua klasik fokus pada momen yang sempurna di mana penonton menutup mata mereka untuk menemukan jeda singkat. Hanya untuk berpisah jari mereka terpisah sehingga mereka dapat melihat apa yang terjadi selanjutnya.

Detak jantung yang berdebar-debar, soundtrack staccato. Dan pengetahuan bahwa kemungkinannya sangat buruk menyelimuti Anda dalam perasaan malapetaka yang akan datang. Tetapi gagasan yang menggiurkan bahwa Anda mungkin bisa lolos memaksa Anda untuk terus bermain hanya satu permainan lagi.

Dari 2016 hingga 2020

Ketika saya pertama kali mengulas Dead by Daylight pada tahun 2016, game multipemain satu lawan empat kurang dalam banyak hal. Tetapi itu menjadi sangat luar biasa sejak saat itu. Behavior Interactive mengambil permainannya yang adil dan bekerja keras untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang sekarang dimainkan oleh jutaan orang. Game yang dihosting oleh pemain dan sering kali berantakan. Terutama saat Anda dipertemukan dengan Killers di belahan dunia lain. Sekarang berjalan dengan indah di server khusus. Populasi pemain meningkat berkat permainan silang. Dan di mana Anda dulu harus mengantri secara acak untuk mencoba dan bergabung dengan permainan bersama teman-teman Anda. Dead by Daylight sekarang memungkinkan perjodohan pesta secara default.

Meski begitu, Surviving With Friends (sebutan yang dikenal sebagai pesta) sangat kontroversial. Dan menyoroti kerutan yang melekat dalam game seperti Dead by Daylight. Ini seharusnya menjadi perselingkuhan yang berat sebelah, pertarungan menegangkan antara Pembunuh soliter. Dan empat Penyintas licik di mana kedua belah pihak tahu satu hal yang benar. Pembunuh hampir pasti akan mendapatkan mangsanya. Ini adalah sensasi berjudi di kasino, kecuali jika dealer memukul Anda dengan King di double sixes. Itu adalah seorang wanita dengan babi yang dipenggal sebagai penutup wajah yang memukul Anda dengan perangkap beruang terbalik dari Saw. Bagaimanapun, rumah itu selalu harus menang.

Di luar beberapa gerakan yang sebagian besar tidak berarti, Survivors tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dalam game. Dan itulah yang membuat perubahan. Setelah Korban dapat berkomunikasi (melalui program obrolan suara eksternal seperti Discord). Kemampuan Pembunuh untuk membagi dan menaklukkan menjadi jauh lebih rumit. Dan itu dapat meniadakan sebagian besar atmosfer tempat permainan dibangun.

Penurunan Kualitas

Namun, Dead by Daylight telah berhasil bertahan selama bertahun-tahun karena secara cerdik cenderung miring. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan puluhan Pembunuh, Penyintas, dan peta yang berbeda. Semakin Anda merasa bahwa itu tidak seharusnya seimbang sama sekali. Alih-alih, dengan menampilkan 20 Killers, semuanya dengan berbagai macam gaya bermain dan teknik manajemen. Sentimen game di tahun 2020 ini hanya untuk bersenang-senang dengannya. Kesenangan lebih penting daripada kemenangan.

Namun, itu tidak berarti bahwa gim ini tidak terus-menerus ditingkatkan. Bahkan di luar peningkatan kualitas hidup. Dead by Daylight telah memperkenalkan beragam perbaikan. Dan penyesuaian gameplay untuk membuat segalanya lebih menyenangkan bagi kedua belah pihak. Salah satu masalah umum yang muncul adalah “putaran tak terbatas”. Pembunuh bergerak sekitar 15% lebih cepat daripada Korban (tidak memperhitungkan fasilitas semburan sprint dan sejenisnya). Yang berarti bahwa, dalam jarak yang cukup jauh, mereka akan selalu menangkap yang selamat. Tetapi di awal siklus hidup game. Pemain menemukan cara untuk mengubah peluang tersebut. Dengan menggunakan tepian jendela dan palet. Survivors dapat menemukan area di mana Killers tidak akan pernah bisa menangkapnya.

Keunikan Sistem Behavior

Behavior melakukan pekerjaan yang baik untuk menghapusnya sebaik mungkin. Mengubah logika tata letak peta jika perlu dan menerapkan Killer Perks untuk menyesuaikan kembali peluang di area lain. Dan ketika solusi itu tidak berhasil, ada solusi lain yang ada. Entitas hanya memblokir jendela tersebut untuk memaksa korban pergi ke tempat lain. Masalah kadang-kadang masih muncul. Tetapi ketika terjadi, masalah tersebut paling baik diselesaikan oleh komunitas pemain. Yang memahami elemen kunci dari apa yang membuat Dead by Daylight menyenangkan. Permainan ini lebih baik ketika kedua belah pihak bersenang-senang.

Sedikit permainan peran membuat skenario fantasi ini jauh lebih menarik daripada hanya bermain secara efisien. Dan membunuh semua orang yang terlihat. Dead by Daylight memanfaatkan dinamika ini dengan memberi insentif pada tindakan tersebut melalui sistem penilaian. Pembunuh yang melenyapkan semua Survivor saat pertama kali mereka menemukannya akan pergi dengan banyak poin, tentunya. Tetapi mereka yang bermain-main dengan Survivor. Yang melakukan berbagai tindakan seperti menargetkan lebih dari satu Survivor sekaligus, mengejar mereka di sekitar peta. Menebang seseorang hanya untuk meletakkannya di kail dan kemudian pergi (memungkinkan mereka untuk diselamatkan). Akan menemukan mereka mampu mengumpulkan skor yang lebih besar. Dan mereka akan melakukannya bahkan tanpa harus membunuh semua Korban.

Hal yang sama berlaku untuk sisi lain. Jelas mudah bagi sekelompok penyintas yang terkoordinasi untuk terus-menerus memancing Pembunuh dalam pengejaran panjang. Sementara mereka yang tidak dikejar generator perbaikan untuk melarikan diri. Dan itu cara cepat untuk melumpuhkan beberapa permainan. Atau Anda bisa mengambil banyak fasilitas anti-siput yang berfokus pada solo (jatuh menyebabkan pemain meluncur di tanah seperti siput.  Dan ditinggalkan dalam keadaan ini disebut slug). Dan Kunci Skeleton dan menunggu cukup rekan satu tim untuk mati sehingga Anda dapat melarikan diri dengan cepat melalui Hatch. Tetapi permainan ini lebih mendebarkan dan sangat bermanfaat jika Anda memainkan tema permainan sebagai gantinya.

Poin Penyelamatan

Jika Anda mengambil keuntungan yang membantu rekan satu tim Anda saat mereka dalam masalah. Atau jika Anda memimpin Pembunuh dalam balapan yang sangat dekat melalui peta. Anda juga akan menemukan bahwa Anda memperoleh lebih banyak poin. Dead by Daylight secara langsung memberi penghargaan pada sifat-sifat seperti Keberanian dan Altruisme. Dan sama seperti mungkin untuk mendapatkan ‘kesuksesan’ tanpa mendaratkan pembunuhan sebagai Pembunuh. Seorang Survivor bisa mati dan masih unggul dalam hal poin.

Poin tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan karakter Anda. Membuka fasilitas dan item baru untuk digunakan dalam game. Semakin sering Anda memainkan Killer atau Survivor tertentu. Semakin banyak Anda membuka kunci untuk mereka. Akhirnya Anda mencapai titik di mana Anda dapat membuka kunci fasilitas agar tersedia bagi Pembunuh atau Penyintas lain. Mendorong Anda untuk keluar dari zona nyaman jika Anda ingin membangun karakter dengan cara yang berbeda.

Seperti permainan saat ini, poin-poin ini juga dimasukkan ke dalam sistem peringkat. Yang menentukan kualitas pemain yang Anda hadapi. Behavior Interactive mencoba mengubah sistem ini saat saya menulis ulasan ini. Memperkenalkan perjodohan berbasis keterampilan (SBMM) secara singkat sebelum menghapusnya lagi. Dan meski implementasinya agak prematur, SBMM tampak seperti sistem yang akan menguntungkan game dalam jangka panjang. Dead by Daylight tidak mendapatkan apa-apa dengan menunjukkan kepada pemain peringkat mereka seperti saat ini. Dan itu sebenarnya mendorong perilaku yang terlalu kompetitif pada pemain yang mendapati diri mereka mengejar ‘pips’. Sistem yang digunakan untuk menentukan perkembangan dalam sistem peringkat itu sendiri.

Kesimpulan

Sesuatu yang belum benar-benar meningkat sejak peluncurannya adalah tutorialnya. Dan itu adalah area lain di mana komunitas di sekitar game dapat membantu menunjukkan arah yang benar. Sementara tutorial saat ini mengajarkan pemain dasar-dasar absolut, konsep seperti loop dan sistem poin.  Yang dengan cepat menjadi penting untuk kesuksesan dalam permainan. Diserahkan kepada pemain untuk mencari tahu sendiri atau belajar dari sumber lain. Dan dengan mengalihkan kesempatan ini untuk menekankan arak-arakan di jantung Dead by Daylight. Ada peluang yang terlewatkan untuk mengembangkan sikap yang diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari permainan.

Saat peluncuran, Dead by Daylight menderita karena ketergantungannya pada hosting peer-to-peer dan tidak adanya fitur sosial. Tetapi seiring waktu ia memperbaiki masalah ini. Dan sementara pergumulan singkat dan prematur dengan perjodohan berbasis keterampilan. Mengubah pengalaman pemain baru menjadi sedikit pertunjukan horor (masalah yang sekarang sudah diperbaiki). Berkat komunitas pemainnya Dead by Daylight tanpa rekan dalam multiplayer kompetitif asimetris arena. Dan telah berkembang menjadi salah satu pengalaman horor terkuat.